Penyebab Lilitan Dinamo Pompa Air Terbakar Serta Perbaikannya

Mesin pompa air saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang untuk membantu dalam hal pengadaan masalah air bersih yang menjadi kebutuhan sehari-hari, oleh karena itu pada saat ini hampir semua rumah maupun bangunan perkantoran dan sebagainya semuanya memiliki dan menggunakan mesin pompa air sebagai alat untuk membantu masalah air bersih yang di konsumsi.

oleh karena itu saat ini para produsen pompa air untuk setiap tahunnya meningkatkan pasokan mesin pompa air ke setiap daerah dengan segala type serta kelebihan dari masing-masing type pompa air tersebut, untuk tiap-tiap tipe memiliki kekuatan hisap dan sembur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan oleh konsumen.

Bila pada era dahulu masyarakatnya masih menggunakan cara-cara konvensional untuk memenuhi kebutuhan air bersih di setiap masing-masing keluarga semisal untuk mandi dan mencuci pakaian mereka masih mengandalkan air sungai yang masih bersih, namun untuk saat ini sungai yang bersih sudah jarang sekali di temukan apalagi di kota - kota besar padat penduduk.

Mesin pompa air memiliki berbagai macam tipe dan kekuatan yang bisa di gunakan sesuai kebutuhan oleh masing-masing konsumen, sebagai contoh untuk penggunaan pada sumber mata air di atas 10 meter maka jenis pompa air yang di pakai ialah semi jet pump, dan bila sumber mata air nya di atas 20 meter dengan menggunakan tipe jet pump. namun yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat ialah jenis pompa air dangkal yang mempunyai daya hisap maksimal 9 meter.

Agar mesin pompa air yang kita miliki awet dan tidak mudah rusak maka kita juga harus bisa menjaga serta merawat kondisi dari mesin pompa air tersebut dengan cara melakukan pengecekan secara rutin dan juga dalam hal penyimpanan harus jauh dari genangan air atau juga tempat yang lembab agar mesin pompa air bisa mempunyai umur hidup yang lebih panjang.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin pompa air yang mengalami kerusakan yang biasa terjadi karena faktor kelalian pemakaian maupun faktor lamanya usia pompa air tersebut ialah :
  • Bunyi pompa air menjadi kasar,, bila hal ini terjadi biasanya yang jadi masalah pada bearing yang sudah pada aus/ macet .
  • Pompa air tidak mau menghisap air,,biasanya hal ini di karenakan water seal sudah pada aus atau ada kebocoran pada jaringan pompa.
  • mesin pompa air cepat panas 
  • mesin pompa air mati 
  • mesin pompa air harus selalu di pancing pakai air
Mesin pompa air menjadi salah satu alat yang sangat di butuhkan oleh sebagian besar masyarakat sehingga kebutuhan akan mesin pompa air ini setiap tahunnya meningkat pesat, dan oleh karena itu bagi yang sudah memiliki mesin pompa air ini wajib untuk menjaga dan merawat agar tidak mudah rusak sehingga akan mengganggu pada terhambatnya pasokan air bersih di rumah anda.

Salah satu kerusakan pada mesin pompa air yang sangat di khawatirkan oleh sebagian besar pengguna mesin pompa air ini ialah terbakarnya lilitan dinamo pada mesin pompa air ini, karena apabila suatu mesin pompa air yang mengalami kerusakan pada lilitan dinamo yang terbakar itu akan sedikit lebih besar ketimbang dengan kerusakan pada jenis yang lain, dan bagi sebagian orang mempunyai kepercayaan apabila mesin pompa telah rusak lilitan dinamonya lalu kemudian di lilit ulang secara manual itu tidak maksimal dan cepat rusak sehingga banyak orang yang memilih membeli produk baru ketimbang di lilit ulang dinamonya.

Padahal apabila mesin itu di lilit ulang di tempat yang benar-benar ahli di bidangnya maka yang sering terjadi justru mesin pompa air tersebut akan lebih kuat dan awet serta tahan dari kelembaban cuaca, karena pada proses menggulung ulang dinamo tersebut secara manual pasti akan menggunakan kawat tembaga yang asli dan terjamin kualitasnya.

Berikut ini ciri-ciri dan penyebab yang mengakibatkan mesin pompa air mengalami kerusakan pada lilitan dinamonya yaitu :

  • Putaran mesin menjadi lambat saat posisi di hidupkan
  • Akan tercium bau seperti ada yang gosong di bagian mesin pompa tersebut.
  • Terjadi hubungan arus singkat dan biasanya listrik akan konslet dan mati.
  • mesin pompa air sama sekali tidak bisa di hidupkan

Biasanya penyebab mesin pompa air ini mengalami kerusakan pada lilitan dinamo nya ialah :

  1. Mesin terendam air saat sedang di nyalakan
  2. Penyimpanan mesin di tempat yang lembab sehingga menimbulkan serangga-serangga kecil masuk ke bagian kumparan dinamonya dan akan merusak lilitan menjadi putus / terbakar
  3. Pemakaian pompa yang terlalu terforsir
  4. menghidupkan mesin pada kondisi bearing yang rusak menjadi timbul adanya gesekan armature dan angker yang di akibatkan bearing atau laher rusak.
  5. menghidupkan mesin pompa air dalam jangka waktu lama namun debit air tidak mengalir atau kering sehingga mesin akan menjadi panas karena tak ada sistem pendingin yang mendukung.
  6. mesin mengalami lemah kapasitor namun masih di paksa untuk selalu di gunakan biasanya akan di putar kipasnya dulu ketika akan menghidupkan mesinnya dan hal ini akan mengakibatkan lilitan dinamo mesin menjadi panas dan mudah terbakar.
Permasalahan di atas sudah menjadi hal yang umum terjadi oleh para pengguna mesin pompa air ini karena minimnya pengetahuan dan cara perawatan mesin pompa air ini yang tidak di ketahui, apabila masalah tersebut anda alami maka sebaiknya bawa mesin pompa air ke tempat bengkel dinamo yang sudah biasa menangani masalah pada mesin pompa air ini, sebaiknya di lilit ulang saja walaupun biaya servisnya sedikit lebih mahal namun mesin akan lebih awet di pakai.

Demikian tadi artikel yang sangat sederhana ini semoga bisa bermanfaat dan saya mohon maaf apabila masih ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel ini.dan sampai bertemu lagi dengan artikel yang selanjutnya yang ada di ulas diesel selain dari Penyebab lilitan dinamo pompa air terbakar serta perbaikannya.

    7 komentar:

    1. Min, izin covas ya. Sy cantumkan sumber (alamat web agan)

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top